Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 01 Agustus 2014

RINGKASAN INFORMASI

Ringkasan adalah garis besar bacaan berupa pokok-pokoknya. Ringkasan merupakan kumpulan pokok pikiran tiap-tiap paragraf. Meringkas berarti memendekkan suatu bacaan dengan mengambil intisari tanpa mengubah, struktur tetap, tetapi bentuknya lebih pendek.
Langkah-langkah untuk membuat ringkasan sebuah bacaan:
a. Membaca naskah asli satu demi satu.
b. Mencatat gagasan utama semua paragraf.
c. Mencatat bagian bacaan yang dianggap penting
d. Dari gagasan-gagasan penting disususun menjadi ringkasan.

Contoh Soal:
1. Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernafasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual dipasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernafasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.
Ringkasan bacaan tersebut yang tepat adalah
A. Penyakit batuk disebabkan oleh rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang, atau kekurangan udara terinfeksi maka harus diobati dengan ekspektoran.
B. Pengaruh batuk ini karena asap pabrik, gas, asap rokok, udara yang berpolusi sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat di beli di pasar bebas.
C. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara saluran pernafasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.
D. Terjadi penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara, namun semua dapat diobati dengan obat-obat alternatif yang dijual di pasar bebas.
E. Obat batuk yang di jual dipasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mrngandung bahan dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernafasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu.
Bahasan Singkat :
Ringkasan adalah garis besar bacaan berupa pokok-pokoknya. Ringkasan merupakan kumpulan pokok pikiran tiap-tiap paragraf. Meringkas berarti memendekkan suatu bacaan dengan mengambil intisari tanpa mengubah, struktur tetap, tetapi bentuknya lebih pendek. Ringkasan bacaan tersebut yang tepat adalah Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara saluran pernafasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran. Paragraf ke-1, intinya batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara saluran pernafasan, sedangkan paragraf ke-2, intinya batuk dapat diobati dengan ekspektoran. Inti dari kedua paragraf tersebut digabungkan sehingga berbentuk ringkasan seperti opsi C Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara saluran pernafasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg