Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 16 Juni 2015

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN RESENSI

Resensi novel adalah karangan yang berisikan penilaian terhadap suatu novel. Di dalam resensi disebutkan kelebihan dan kekurangan novel. Tujuannya adalah memberikan atau menyampaikan informasi kepada para pembaca mengenai keunggulan dan kelemahan novel tersebut.
Novel yang diresensi tentunya yang baru diterbitkan atau baru dipasarkan. Secara tidak langsung resensi berfungsi juga sebagai media promosi yang efektif. Resensi ditulis dengan tujuan untuk memperkenalkan buku kepada masyarakat pembaca dan membantu masyarakat pembaca untuk memilih novel yang benar.

Unsur-unsur resensi novel adalah judul resensi, identitas novel ( judul novel, pengarang, dan data publikasi ), tujuan pengarang novel, tujuan resensator/ orang yang meresensi, ikhtisar cerita/ isi, kepengarangan, penilaian baik keunggulan maupun kelemahannya, simpulan, dan saran.
Contoh Soal 1:
Cermati ilustrasi berikut!
Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah …
A. Penduduk Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis “Bekisar Merah” agar kita lebih paham memaknai kemiskinan.
B. Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di Karangsoga. Termasuk Sasi, yang hidup dalam kemiskinan.
C. Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di Karangsoga tempat tinggal penulis.
D. “Bekisar Merah” perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan karena batin orang miskin bisa dirasakan.
E. Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.
Bahasan Singkat:
Kalimat Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel (opsi E) merupakan keunggulan dari novel tersebut. Keunggulan novel dapat dilihat dengan menganalisis unsur intrinsiknya. Unsur Intrinsik: Sudut pandang, amanat, tema, Alur, gaya bahasa, latar, dan penokohan. Dalam novel tersebut, penulis lebih menonjolkan menganalisis unsur penokohan dan latar, yaitu melalui tokoh Sisi dan latar Desa Karangsoga. Kalimat yang menyatakan keunggulan dapat kita lihat dalam kalimat Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan. Opsi A, B, C, dan D tidak menyatakan keunggulan sesuai ilustrasi.


Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg