Business

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 19 Juni 2015

PARAGRAF SEBAB-AKIBAT



Paragraf berdasarkan penalaran induksi terdiri atas

a. Generalisasi

Dimulai dengan mengemukakan peristiwa-peristiwa khusus (yang memadai dan kebenarannya dapat dipercaya) untuk ditentukan simpulan secara umum.

b. Analogi

Membandingkan dua hal yang memiliki banyak persamaan, ditarik simpulan bahwa pada segi yang lain pun tentu akan memiliki persamaan juga.

c. Kausalitas (Sebab-Akibat)

Dapat berupa hubungan sebab-akibat, akibat-sebab, atau sebab-akibat 1-akibat 2.Paragraf kausalitas (sebab-akibat) adalah paragraf yang isinya berupa hubungan sebab diikuti akibat, akibat diikuti sebab, atau sebab diikuti akibat 1- akibat 2.

Contoh Soal 1:

Cermatilah paragraf berikut!

Yanti seorang anak yang rajin dan tekun. Ia rajin mengikuti pelajaran di sekolah. Setiap diadakan diskusi di sekolah, ia sering diminta tampil sebagai pembicara. Rata-rata empat jam sehari ia belajar sendiri di rumah. Bahkan, ia tidak segan-segan bertanya kepada guru jika ada hal-hal yang belum dimengerti, atau belum jelas…..

Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah….

A. Karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya.

B. Jadi, Yanti mendapat penghargaan yang pantas dari sekolahnya.

C. Oleh karena itu, Yanti sangat dicintai dan dihormati teman-temannya.

D. Makanya Yanti bisa diterima di perguruan tinggi ternama di negeri ini.

E. Sudah sepantasnyalah Yanti mendapat dukungan dari keluarganya.

Bahasan singkat:

Paragraf kausalitas (sebab-akibat) adalah paragraf yang isinya berupa hubungan sebab diikuti akibat, akibat diikuti sebab, atau sebab diikuti akibat 1- akibat 2. Paragraf tersebut adalah paragraf kausalitas (sebab-akibat). Sebab-sebab yang disampaikan dalam paragraf tersebut seperti rajin dan tekun, sering sebagai pembicara, belajar teratur, dan tidak malu untuk bertanya paling tepat bila diakhiri dengan akibat yang sesuai, yaitu mendapat juara satu di sekolahnya. Jadi, kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Karena itu, tidak heran apabila Yanti meraih juara satu di sekolahnya (opsi A)

Contoh Soal 2:

Bacalah paragraf sebab akibat berikut!

Selokan air di depan rumah kami jarang dibersihkan. Selokan juga dipenuhi barang bekas. Belum lagi sampah banyak dibuang di selokan itu. Warga sekitar juga membiarkan sampah berserakan di jalan. ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah….

A. Akibatnya, banyak daerah-daerah yang dilanda banjir besar ketika musim penghujan.

B. Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.

C. Tanah rusak dan hasil panen menurun drastis akibat hal itu.

D. Banjir pasti datang saat musim hujan dan warga pun menjadi korban.

E. Jadi, kebersihan dan keasrian lingkungan hidup kita harus dijaga sebaik-baiknya.

Bahasan singkat:

Paragraf kausalitas (sebab-akibat) adalah paragraf yang isinya berupa hubungan sebab diikuti akibat, akibat diikuti sebab, atau sebab diikuti akibat 1- akibat 2. Paragraf tersebut adalah paragraf kausalitas (sebab-akibat). Sebab-sebab yang disampaikan dalam paragraf tersebut seperti selokan air di depan rumah kami jarang dibersihkan, dipenuhi barang bekas, sampah banyak dibuang di selokan itu, dan warga sekitar juga membiarkan sampah berserakan di jalan. Jadi, kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Tidak mengherankan jika hujan tiba, daerah tersebut sering dilanda banjir.

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system

 

BTIKP KALSEL

 photo btikp2_zps417db702.jpg

RUMAH BELAJAR

My Link

Rumah banjar

 photo rumahbanjar2_zpsa54d2e1e.jpg